Tuesday, January 18, 2011

Love your planet earth - Use Cloth diapers

Naznin sekarang sudah berusia 5 bulan (yes, time past so fast). Saya sudah memutuskan untuk memulai memakaikan cloth diapers pada Naznin. Dimulai dari trip ke toko teman, Clodi addict di FX lt 5, menghilangkan semua keraguan, browse milis popok kain http://milis-popok-kain.blogspot.com/ dan berbekal input2 dari ibu di milis, akhirnya saya mulai dengan membeli 4 popok kain dengan merk yang berbeda. Green nappy, Autumnz dan Fuzzibuns.

Setelah 3 kali pencucian insert (menurut petunjuk sebelum pemakaian) yang memakan waktu 4 hari karena Jakarta mendung terus, akhirnya semua siap dipakai. Hari ini adalah our first Cloth-diapering day! I'm an expert in snapping d buttons to d size Naznin fits (udah latian 4 hari hehe). Naznin terlihat bahagia, sepertinya malah tambah nyaman dengan lembutnya clothdiapers, bukan kertas kasar dispo diapers lagi.

And everythings turns out ok! Jam 10an Naznin BAB, sehingga diapers harus diganti. Saya baru sadar, ternyata keempat cloth diapers yang saya beli, typenya sama yaitu pocket. Sehingga kalau kotor, mau tidak mau harus diganti semua. Ok, lesson learned, minggu depan kita belanja lagi :D

Tidur siang, Naznin tidak ada masalah dengan clodinya. Tidak ada kebocoran.
Jam 2, baru terlihat bajunya basah. Sepertinya maksimum pemakaian clodi adalah 3-4 jam saja. Padahal diraba dari luar tidak terasa menggembung loh. Saya juga malas untuk melongok dan memegang insert apakah sudah perlu diganti atau belum.

Karena 2 clodi sudah basah, dan kita cuma punya 4, akhirnya yang 2 harus dicuci dulu.
Sore jam 4 setelah mandi, clodi ke-3 dipakai. Beberapa jam kemudian, Naznin BAB lagi sehingga harus ganti clodi lagi. Ketika clodi terakhir dipakai pada pukul 6 malam, ternyata ketika dicek, cover clodi yang dicuci tadi sudah mulai mengering. Wow, cepat juga ya!

So, cerita first cloth-diapering Naznin bisa dibilang sukses. Im definitely sticking to cloth diapers. Maafkan aku khilaf selama ini. I love you earth.

Oh, ternyata 4 clodi cukup untuk pemakaian sehari-hari, kalau tiap 2 clodi dicuci dalam waktu 3 kali sehari. Well, buying some new ones will be a better way i guess :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...