Sunday, January 23, 2011

Pemilihan mainan anak dan hubungannya dengan gender

Dibandingkan anak yang lain, Mikail termasuk yang memiliki sedikit jumlah mainan. Sejak Mikail kecil, kami berusaha untuk mengerem keinginan untuk membelikannya terlalu banyak mainan. Selain untuk melatihnya untuk berempati, juga untuk merangsang kreatifitasnya untuk memakai apa yang ada di rumah untuk dijadikan mainan.

Mainan yang dibelikan Pak Hussain adalah beberapa puzzle, bola, dan balok kayu. Sedangkan barang-barang di rumah yang menjadi minat Mikail untuk dimainkan adalah peralatan memasak dan sapu, meniru saya memasak dan membersihkan rumah.

Semakin Mikail beranjak besar, keinginannya untuk membeli mainannya mulai muncul. Ketika disuruh memilih, dia langsung memilih mobil-mobilan dan robot. Penasaran, saya suka mengajaknya ke bagian lain dimana terdapat mainan yang 'girly'. Tapi dia menolak dan kembali ke bagian mainan laki-laki. Mengapa dia lebih memilih mobil-mobilan dan robot, dan bukan boneka atau mainan feminin lainnya?

Apakah anak memilih mainan yang sesuai dengan gendernya? Apakah sudah terekam di otak mereka mainan mana yang cocok dengan gender mereka, seperti halnya semua binatang memiliki insting kemana mereka harus pergi untuk bermigrasi?

Ada satu artikel yang menarik untuk dibaca mengenai pentingnya pemilihan mainan yang sesuai dengan gender mereka http://gomestic.com/family/the-impact-of-gender-stereotyped-toys-on-children/
Pemilihan mainan sesuai dengan gender anak, membuat mereka lebih aware akan dirinya, dan membentuk persepsi mereka terhadap diri mereka nantinya. Dengan bermain permainan yang sesuai dengan gendernya, anak akan belajar beradaptasi dengan sekitarnya, mengenal norma dalam masyarakat, mana yang diterima dan mana yang tidak. Walaupun nantinya terbentuk ketika mereka dewasa, tapi sejak kecil anak akan sedikit demi sedikit belajar.

Untuk saat ini, saya hanya bisa berkesimpulan bahwa anak menentukan mainan yang disukai berdasarkan sifatnya. Misalnya anak yang penyayang dan suka bercerita akan memilih buku atau boneka. Anak yang lebih aktif dan suka diajak ayahnya bermain di luar rumah, akan lebih memilih bola, sepeda, pesawat atau mobil-mobilan. Anak yang suka berekplorasi akan memilih laptop mainan, balok kayu, cubes, atau puzzle.

Apakah mungkin gender menentukan anak dalam memilih mainannya? Bagaimana dengan anak Anda?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...