Monday, January 31, 2011

Wisata Lembang, Bandung

We got addicted to Bandung! Udara segar, air yang sejuk, pemandangan semi-pedesaan yang membuat kita semakin mensyukuri nikmat Allah. Rasanya selalu ingin pindah dari ibukota yang penuh sesak.

Setelah beberapa kali bermain ke Bandung, melihat papan reklame tempat rekreasi yang 'bertebaran' di seluruh pelosok kota dan pinggirannya, kami jadi ikut tergiur untuk berlibur beneran dengan anak-anak.
Banyaknya hotel dan tempat rekreasi di Bandung dan sekitarnya memang membuat kita kalap dan bingung mesti memulai dari mana. Dan kepada internetlah, kita kembali ;D

Kali ini kami mau mencoba berlibur ke Lembang. Lumayan lengkap informasi tentang wisata ke Lembang, walapun mesti jeli mencari website yang tepat dan berulang kali mencari informasi dan review di website yang lain, agar tidak tertipu dengan foto-foto yang indah saja.
Akhirnya kami menemukan http://www.hoteldibandung.com/ Travel agent yang menyediakan voucher hotel di Bandung dan Lembang dengan harga 'miring'.
Kami memilih Hotel Pesona Bamboe, Lembang, setelah melihat review baik dari beberapa orang di multiply. Harganya juga tidak berapa mahal. Family room dengan 2 kasur single yang bisa diextend menjadi 4 kasur, harganya 430ribu/malam nett, including breakfast untuk 2 orang.

Lembang memiliki banyak tempat rekreasi. Kampung Gajah, Rumah Strawberry, Bumi Perkemahan Cikole, Little Farmers, De' Ranch, Tahu Tauhid, Imah Seniman, Maribaya, Goa Jepang dan Belanda, dan masih banyak lagi. Sedangkan waktu kami di Lembang cuma 2 hari.
Lagi-lagi kepada internet kami kembali. Melihat review dan menimbang dekat jauhnya lokasi, beginilah kira-kira itinerary kami:
Hari 1: De' Ranch, Tahu Tauhid, Maribaya Naturepark.
Hari 2: Tangkuban Perahu, Bumi Perkemahan Cikole, Sindang Reret II Hotel dan Restaurant

De' Ranch dan Tahu Tauhid II letaknya berdepan-depanan. Kami adalah pencinta tahu dan segala olahan kedelai. Jadi adalah keharusan untuk mampir ke toko Tahu untuk berbelanja. Disarankan membeli tahu ketika mau pulang ke Jakarta saja, sehingga tidak cepat basi.

De' Ranch, Jl. Maribaya, Lembang mendapatkan banyak review bagus di internet untuk rekreasi berkuda dan permainan lainnya, antara lain disini http://neverendstory.wordpress.com/2011/01/05/de-ranch-wisata-berkuda-murah-meriah-d/. Tiket masuknya seharga Rp. 5,000 saja. Jenis permainannya sangat banyak: Berkuda, delman dan delman mini, panahan, boat riding, bola air, bersepeda dewasa dan anak, menambang emas, belajar membuat kue, trampolin, dan flying fox. Harga tiket permainan berkisar Rp. 15,000-Rp. 30,000 saja.

Ada penginapan juga disini, walaupun cuma 1 cottage, jadi harus booking jauh-jauh hari. Kalau menginap disini, kita bisa ikut memerah susu sapi di pagi hari sekitar jam 4.00 subuh.

Stable kuda at De' Ranch

Cooking cookies at De' Ranch, Lembang

Bersepeda at De' Ranch

Setelah puas bermain dan membuat kue disana, kami lanjut ke Maribaya, sesuai rencana. Maribaya menurut review di internet adalah tempat wisata yang sangat cantik. http://www.indonesia-tourism.com/west-java/maribaya.html. Dan ternyata memang benar. Ada sekitar 4 curug (air terjun) besar disini, goa-goa peninggalan Jepang dan Belanda, pemandian air panas, dan track hiking yang lumayan challenging. Apalagi sambil menggendong anak :)
Tiket masuknya cuma Rp. 10,000. Betapa murahnya wisata di negerti kita. Kita bisa membayar pemandu wisata Rp. 50,000 untuk membawa kita masuk ke dalam sekitar 2km melihat pemandangan air terjun yang indah. Tapi sayang, karena sudah banyak rumah penduduk, airnya sudah tercemar jadi kita tidak bisa mandi di air terjun.

Di hari kedua. Kami menuju ke Tangkuban Perahu, Terakhir kesini adalah ketika saya berumur 7 tahun, menurut Ibu, Bapak saya sangat menyukai tempat ini jadi sering sekali kami bermain kesini.
Ada yang istimewa di tempat ini, Kawah Domas. Letaknya di bawah Tangkuban Perahu. Di lokasi kawah domas, kita bisa berjalan sekitar 30 menit melewati hutan, sampai ke sumber air panas. Disana kita bisa mencoba langsung air panasnya, yang suhunya sekitar 98 derajat celcius. Bukan untuk mandi ya, tapi untuk merebus telor! hehehe. Untuk berjalan masuk, kita bisa membayar pemandu wisata Rp. 100,000.

Maribaya waterfall, Lembang

Pemandangan hutan at Maribaya Naturepark

Beautiful view from the bridge at Maribaya. Mikail 3y, digendong terus!

Turun ke bawah lagi, kita akan berpapasan dengan Bumi Perkemahan Cikole. Tempat outbound professional, yang tali-talinya dikaitkan di atas pohon yang tinggi. Sedikit ngeri, tapi pasti puas setelah menaklukkannya. Harga tiket masuk Rp. 15,000. Paket outbound dewasa Rp. 150,000 dan paket outbound anak min. 4 tahun Rp. 95,000.

ATV keliling hutan at BuPer Cikole

Outbound di Bumi Perkemahan CIkole, Lembang

Untuk yang ingin menjelajahi hutan, disewakan ATV seharga Rp. 100,000. Jangan khawatir, untuk pemula, pemandu bisa ikut dengan kita supaya aman. Ada juga kuda-kuda yang bisa disewa seharga Rp. 20,000 untuk mengelilingi wilayah Bumi Perkemahan.

Sayang sekali Mikail tidak bisa ikut outbound karena usianya kurang. Jadi cuma ikut ATV dibonceng ibunya.

Setelah aktifitas berat di udara yang dingin, perut mulai berteriak minta diisi. Kita mencari tempat makan terdekat, masih berlokasi di Jl. Tangkuban Perahu. Bertemulah kami dengan Sindang Reret II.
Disini pun ada hotel, dan taman adventure untuk anak. Bahagianya kami, disini terdapat outbound area untuk anak-anak, segala permainan, dan ATV mini untuk anak-anak. Mikail senang sekali, sampai tidak mau pulang hehehe.

Semua permainanpun tidak terlalu mahal. Tiket permainan berkisar dari Rp. 10,000-40,000. Ada juga paket permainan 41 games Rp. 75,000.

Mini ATV at Sindang Reret II

2 hari liburan padat kami di Lembang pun selesai, saatnya kembali pulang. Sepanjang perjalanan anak-anak tertidur pulas kecapaian. Liburan memang menyenangkan. Its like payday after hard weeks of work.

Tandem Flyingfox at Sindang Reret II

De' Ranch: Jl. Maribaya 17, Lembang, BandungTelp. 022-70840661
Bumi Perkemahan Cikole: Jl. Tangkuban Perahu Km. 30, Lembang, Bandung
Sindang Reret II: Jl. Tangkuban Perahu. Telp: 022-2786500

Lets plan another holiday!

1. nice review (y)
    really helpful for our vacation plan to Indonesia

2. Thanks untuk infonya bang.....Tempat menarik di Bandung

There was an error in this gadget