Monday, March 14, 2011

Summary MPASI Naznin - 6 bulan

Feeding tools
KidCo Foodmill. Buy online at Bebemiam
Hari ini memasuki minggu ke-4 sejak Naznin memulai Makanan Pendamping ASI (solid food). Excited, karena sebentar lagi di usia 7 bulan, MPASInya bertambah ragam. Tambah seru rasanya, ingin mencobakan ini-itu.

Pertama kali memulai MPASI, kikuk rasanya menyiapkan menu, memilih jenis makanan, terutama mencari peralatan masak dan makan yang banyak sekali jenisnya. Walaupun sudah pernah mengalami sebelumnya, rasanya seperti baru melakukan pertama kali. Sudah lupa semuanya. Kalau saja saya sudah menulis blog sejak Mikail kecil, pastinya sekarang saya tinggal membaca apa yang waktu itu saya lakukan dan tidak bingung-bingung lagi.

Untuk Naznin, saya berusaha menyiapkan MPASInya lebih baik dari sebelumnya, sewaktu Mikail mulai makan. Karena saya kurang suka peralatan makan plastik, saya membeli mangkok kecil keramik untuk wadah makan. Toh saya juga yang menyuapkan, jadi tidak masalah. Mikail pun sudah terbiasa memakai gelas dan piring kaca sampai sekarang. Sendok rubber saya menggunakan merek Munchkins. Selain itu saya juga siapkan dandang untuk mengukus makanan, panci kaca dengan tutup, saringan kawat, dan terakhir alat yang sangat membantu, Food Mill dari KidCo, sebagai pengganti blender. Lebih praktis untuk sekali makan dengan porsi kecil, mudah dibawa-bawa dan mudah dibersihkan. Cara kerjanya sederhana, makanan lembut akan di press dan dihaluskan dengan memutar bilah besi tumpul. Makanan halus akan keluar lewat bagian yang bolong yang bekerja seperti saringan.
Karena bentuk Food Mill yang seperti mainan, Mikail dengan senang hati menjadi 'asisten' saya menggiling makanan dan menghibur Naznin setiap waktu makan.

Di 2 minggu pertama, Naznin selalu mendorong makanannya dengan lidah, tersedak (padahal makanannya sudah sangat halus dan encer), bahkan menyembur-nyemburkan makanan. Terkadang juga menutup mulut rapat-rapat setiap kali melihat saya mengangkat sendok. Sempat khawatir sambil mengingat kembali apa saya pernah memaksa dia makan, jadi dia takut dengan sendok. Saya juga sempat berpikir, mungkin dia belum siap menerima makanan padat.

Tapi ternyata ketika mencoba alpukat, zucchini dan butternut pumpkin (sejenis labu parang), ternyata Naznin membuka mulut dengan sukarela. Jadi kesimpulan sementara saya, dia lebih suka bahan makanan yg rasanya tidak mencolok (terlalu manis) dengan tekstur yang creamy dan lembut.

Sampai hari ini, Naznin sudah mencoba bahan makanan berikut:
Apel washington (dikukus, masukkan food mill)
Jeruk baby (peras, saring)
Pear xiang li (blender, saring)
Melon
Pepaya
Mangga
Pisang
Alpukat
Zucchini (kupas, buang biji. Kukus, masukkan food mill)
Butternut pumpkin (kukus, masukkan food mill)

Ingat selalu, bahwa perut bayi masih sangat kecil. Selama ini dia hanya minum ASI. Jadi jangan khawatir kalau baby menolak makanan padat. Tidak perlu memaksa, coba lagi di lain waktu, tidak perlu membuat bayi menghabiskan makanan. Sabar dan konsisten dengan jam makannya, untuk membiasakan bayi dengan schedule makan. Jangan lupa sterilkan alat makan, gunakan alat masak yang berbeda untuk memasak makanan bayi. Dan yang terpenting, waktu makan adalah waktu baby bereksplorasi dengan rasa, jadikan waktu makan menjadi saat yang menyenangkan. Berikan hanya makanan alami, tanpa tambahan gula dan garam untuk baby.

Baca juga website MPASIrumahan --> http://www.mamakukokihandal.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget