Friday, May 20, 2011

RESEP - Pepes Salmon (8months+)

Untuk menghemat waktu memasak, dan memperbanyak waktu bermain dengan anak-anak yang dua-duanya selalu ingin bermain bersama ibunya. Saya selalu memasak makanan Naznin bersama dengan menu masakan anggota keluarga lain. Memang menu kami jadi harus sedikit diadjust, tapi yakin deh jadi lebih sehat.

Caranya sangat mudah. Saya akan memasak seperti biasa, jika sudah matang, saya ambil satu porsi untuk Naznin makan. Kemudian sisanya ditambah garam, lada, atau cabe iris sesuai kebutuhan.

Hampir semua menu bisa dilakukan dengan cara ini. Terutama menu sop apapun, tumis sayur, dan pepesan. Untuk daging dan ayam, bisa diungkep sampai matang, ambil untuk Naznin, kemudian diproses lebih lanjut seperti semur, digoreng, dibalado, dll. Ikan lebih sering dibumbui dan dibakar, untuk Naznin diperlakukan sama tanpa garam. Mudah kan.

Contohnya resep ini, Pepes Salmon.
Bahan:
Salmon fresh 50g
Haluskan 6 siung bawang merah+4 siung bawang putih+1 butir kemiri
1 batang serai memarkan
2 daun salam
2 daun jeruk
1 genggam kemangi

Cara memasak:
Bersihkan salmon, lumuri dengan bahan yang dihaluskan. Letakkan di pyrex atau piring tahan panas. Campurkan serai, daun salam, kemangi dan daun jeruk. Kukus 30 menit.

Selamat mencoba.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

2 comments:

  1. Nana, kalau salmon nya diganti ikan air tawar bisa kah..?

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk pepes bisa ikan apa aja An. Yg biasa dipakai tu ikan gurame dan ikan mas. Tp ikan laut jg boleh seperti tenggiri dan tuna. Dan selain itu, bisa jamur, dan tahu :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget