Friday, May 20, 2011

Summary MPASI Naznin - 8 months

Bulan ke 8 MPASI sudah selesai, sekarang Naznin berumur 9 bulan. Wah tak terasa, waktu berlalu cepat sekali ya.

Update development, di bulan 8 ini Naznin sudah pandai merangkak untuk mengejar ibunya keliling rumah. Sudah bisa berdiri sendiri dari posisi duduk sambil memegang meja atau sofa. Sudah bs bertepuk tangan mengikuti lagu.

Jadwal makan masih 3x sehari, fingerfood hanya sebagai sarana 'bermain' sewaktu makan. Jam makan belum ditambah dengan snack. Jadwal BAB sudah mulai rutin di tiap pagi hari setelah bangun tidur. Kesempatan buat saya untuk mencoba mendudukkannya di toilet. Ternyata cukup berhasil lho, Naznin tidak protes dan BAB lancar.

Yang unik di bulan ini, Naznin sudah bisa menunjukkan cue ketika mau makan dan ketika sudah kenyang. Ketika kami bepergian, terkadang saya tidak membawa makan malam untuk Naznin karena toh dia juga bisa menyusu, pikir saya. Semalam kami makan malam bersama di suatu restaurant, ternyata Naznin marah karena hanya dia yang tidak makan. Mungkin dia kelaparan. Sayapun akhirnya menyuapkan apa yang bs dimakannya dari makanan saya. Lucu sekali melihat keingintahuannya terhadap makanan dewasa.

Saya tidak menggunakan metode BLW full, karena khawatir tidak cukup nutrisi yang masuk. Jadi, di setiap jam makan, saya memberikan finger food untuk dia pegang. Alhamdulillaah sampai bulan ini belum terlihat gejala mogok makan atau GTM. Semoga di bulan-bulan berikutnya ketrampilan makannya bertambah.

Menu di bulan ini makin bervariasi. Nasi tetap menjadi makanan utama, diselingi kentang dan ubi. Sarapan juga saya berikan nasi dalam porsi sedikit ditambah sayur dan buah. Makan siang dan malam gabungan karbo, protein, dan sayur. Foodmill KidCo masih menjadi andalan saya, semua makanan masih direbus atau kukus, dan di-mash semua di Foodmill.

Bawang merah dan putih sering saya tambahkan ke makanannya. Sebagai experiment sering juga saya tambah daun bawang, serai, salam, kayumanis, kunyit, kemangi, sedikit kemiri, dan ketumbar.

Beginilah variasi menu hariannya sehari-hari:
Tim nasi+pepaya+tomat
Tim nasi+pear+tempe
Tim nasi+apel+polong
Tim nasi+teri bawang putih+paprika+brokoli
Tim nasi+sop daging+wortel+buncis
Tim nasi+tempe goreng+bayam+jagung manis
Tim nasi+pepes tahu+tumis kangkung+paprika
Tim nasi+pepes salmon+labu siam
Tim nasi+sop ikan daun jeruk+kembang kol+buncis
Tim kentang+daging+brokoli+paprika
Tim kentang+tumis teri+wortel+kacang polong
Sop kacang hijau+kentang+ayam+zucchini+wortel
Sop ikan daun salam+kacang merah+ubi+wortel

Sampai bertemu di menu mpasi bulan berikutnya.
Salam mpasi!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

2 comments:

  1. nyonteeeeeeeeeeekkkkk... skalian resep juga dong, na.. *ngelunjak mode on.. :*

    ReplyDelete
  2. Boleh doong. Resepnya gampang bgt. CUma rebus atau kukus semuanya, tambahin duo bawang. Trus di-mash semua deh hehe.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget