Friday, June 24, 2011

Summary MPASI Naznin 9 month

Update development di usia 9 bulan, Alhamdulillaah gigi yang ditungu-tunggu keluar juga. Di akhir bulan ke-9, Naznin sudah punya 2 gigi seri mungil di rahang bawah. Di usia 9 bulan, Naznin senang bereksplorasi ke setiap sudut rumah dengan merangkak. Karena sudah bisa menarik badannya untuk berdiri dengan memegang benda, Naznin sudah mulai merambat berpindah ke tempat lain dengan berpegangan.

Social skillnya mulai jelas terlihat, mungkin karena banyak bermain dan menirukan abangnya. Naznin sangat ramah terhadap semua orang. Dia seperti bisa mengutarakan maksudnya dengan cara merengek yang berbeda-beda. Bukan cuma saya yang mengerti, ternyata hampir setiap anggota keluarga pun mengerti. Naznin pun sudah mulai dengan jelas memanggil saya dengan mama dan Pak Hussain dengan bapak.

Di bulan ke-9 ini, Naznin lebih menyukai makanan yang disajikan sebagaimana bentuk awalnya, jadi saya mengurangi penggunaan food mill. Naznin semakin pandai mengunyah, walaupun kadang masih tersedak meski jarang. Makanannya sama seperti apa yang dimakan Mikail, hanya lebih lembut dan tanpa garam.

Makanan kesukaannya adalah tahu, tempe, daging, dan bayam. Buah kesukaannya adalah pear dan kiwi. Hampir semua sudah bisa dimakannya sekarang. Saya juga mulai mengenalkan cereal yang difortifikasi iron, sebagai tambahan asupan zat besinya, seperti Weetbix kids dan Cornflakes. Tentunya dimakan tanpa susu, dipegang dan dikunyah sendiri.

Naznin terlihat suka sekali mengemil, sama seperti ibu dan tantenya :p Maksudnya dia lebih suka makan diluar jam makannya, daripada kegiatan makan rutinnya. Walaupun begitu, tetap saja kegiatan makan adalah waktu belajar yang penting. Jadi saya terus membiasakannya makan di jam makan sambil duduk di kursi makan.

Berikut adalah menu Naznin dalam seminggu:

Sarapan:
Cereal+yogurt+pepaya
Kiwi+pepaya+roti
Pear+oatmeal+yogurt
Bubur nasi+bayam
Kentang+wortel+keju parut
Roti+yogurt+keju parut
Jus jeruk+pisang+roti

Makan siang dan malam:
Nasi+tumis daging wortel brokoli
Nasi+tahu goreng+tumis bayam teri nasi
Nasi+tumis toge wortel+ayam bakar
Nasi+tim ikan sawi tomat
Mie telur+ayam kukus+tumis sawi tomat
Nasi+telur rebus+tumis kangkung dan rebon
Nasi+oseng daging+kapri manis

Sampai di bulan berikutnya. Salam mpasi!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

2 comments:

  1. Nanaaaaaa... Naznin pinter amataaaannn..
    Aydira kmaren gak mau disuruh pegang buah sndiri, dipegang pun gak mau dimasukin mulut.. hhuhuhuhuu...

    yoghurt biasanya pake apa Na..? duh dah harus mulai konsultasi lagi niy.. Aydira kayaknya dah mulai bosen sama buah2an yang itu2 aja.. =(

    ReplyDelete
  2. Gapapa An. Naznin juga mesti dipegang dulu makanannya, dipencet2 dulu, kadang2 dilepeh lagi, kadang dimakan dengan senang hati. Namanya blajar yaaaa.

    Yogurt Naznin Biokul plain. Bisa juga coba Yummy natural. Tp terlalu asem menurutku. Naznin juga kurang suka.

    Coba buah naga dan semangka An. Kiwi goldnya cari yg mateng, pasti dia suka.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget