Tuesday, July 26, 2011

Belajar Bento dari rumah

Bento HelloKitty
Beberapa hari lalu saya diajak teman saya untuk kursus Bento. Spontan saya langsung mengiyakan, karena memang dari dulu saya ingin belajar, tapi kesempatannya belum ada. Yang serunya lagi, teman saya memanggil pengajar untuk datang ke rumah. Kebetulan, karena ada lagi yang mau belajar, jumlah murid hari itu menjadi 3, termasuk saya dan teman saya.

Mas Lukman menjelaskan kegunaan alat-alat Bento

Walaupun belajar di rumah, kita tidak perlu repot menyiapkan apa-apa. Cukup nasi dan kompor, dan yang lainnya sudah disiapkan oleh pengajar.

Ketika saya datang, Mas Lukman, yang mengajar Bento hari itu sudah datang duluan dan sudah siap bersama asistennya dengan semua peralatan di atas meja. Sesi belajar dimulai dengan perkenalan tentang Bento, jenis-jenisnya, bahan makanan yang umum dipakai, paduan warna, dan cara membuatnya. Ternyata komposisi umum Bento yang biasa dibuat di Jepang adalah 3:2:1 yaitu 3 untuk karbohidrat, 2 untuk sayur, dan 1 untuk protein. Menarik sekali, ternyata anak bisa diajak makan sayur dengan porsi lebih banyak dengan Bento.

Bento adalah seni a la Japanese yang suka menghias lunch box anak-anak mereka dengan hiasan lucu agar anak semangat makan. Seni ini sedang booming di kalangan ibu-ibu Jakarta, bahkan sekarang sedang trend dipakai sebagai goodie bags pesta ulang tahun. See how our society turns to healthier option?

Untuk pemula, kuncinya 1, jangan panik melihat gambar-gambar Bento bikinan Ibu-ibu lain yang sudah sering mengerjakannya :D Mulai dari yang basic dulu, dan gunakan kreatifitas Anda untuk berimajinasi dengan kreasi lain seiring waktu. Jangan khawatir, untuk Ibu yang kreatifitasnya kurang seperti saya, ada buku rupa-rupa kreasi Bento kok, tinggal menirukan saja. Dijual di toko+toko buku besar, atau bisa dicari di Kinokuniya Plaza Senayan.

Perlatan basic yang diperlukan untuk membuat Bento adalah:
1. Pinset. Belilah di toko jahit karena lebih murah. Harganya Rp. 5000 saja

Pinset

2. X atco knife buat menyayat. Bisa dibeli di toko buku

X-atco knife

3. Sedotan berbagai ukuran untuk membuat bentuk bulatan (mata) dan ellips
4. Mold nasi. Ada banyak bentuknya dijual di toko-toko Bento
5. Mold telur. Untuk membuat telur menjadi bentuk unik. Caranya tinggal rebus telur sampai matang, kupas, letakkan telur di mold, masukkan kulkas bagian bawah
6. Food pick untuk dekorasi dan alat untuk mengambil makanan
7. Puncher berbagai bentuk. Biasanya untuk bentuk muka, jadi tidak perlu susah-susah memotong manual
8. Cutter berbagai bentuk. Beli yang basic saja seperti bentuk pita, gerigi, bulatan besar, dll
9. Gunting

Yang paling utama dalam membuat Bento adalah lunchbox tidak boleh ada gap, karena guncangan bisa membuat seluruh jerih payah Anda hancur berantakan sebelum dimakan. 'Filler' yang biasa digunakan untuk memampatkan Bento agar tidak cepat berntakan jika terguncang adalah brokoli, tomat cherry, telur puyuh, sosis, anggur, lobak, dan strawberry.

Semakin banyak warna yang digunakan akan semakin menarik. Warna bisa didapatkan dari bahan makanan berikut:
Kuning: kunyit parut+air hangat
Coklat: kecap asin (biasanya pakai Kikkoman)
Merah: akak, atau dimasak dengan pasta strawberry
Ungu: ubi ungu
Orange: Kabocha
Hijau: Edamame, kacang polong

Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan Bento, tergantung warna dan bentuk yang Anda inginkan. Biasanya yang digunakan seperti berikut:

1. Kulit kani (crab stick) yang berwarna merah. Biasanya digunakan untuk rambut, mulut, pipi, dll

2. Egg sheet untuk design karakter. Cara membuat eeg sheet kuning: 2 telor kuning+1sdm maizena yg sdh dicampur air. Untuk telur putih berikan lebih banyak maizena, supaya tidak terlalu cair. Tapi jangan terlalu banyak karena rasanya menjadi tidak enak. Kocok pelan, jangan sampai berbusa. Gunakan api kecil. Masak dan balik hingga matang berwarna kuning atau putih. Egg sheet bisa disimpan di kulkas bawah tahan 3 hari. Jangan letakkan di freezer, karena teksturnya akan rusak.
Setelah egg sheet jadi, bisa dipotong sesuai cetakan yang diinginkan. Cetakan (stensil) bisa dibuat sendiri dengan mengeprint design di kertas.

Bahan lain yang bisa juga digunakan untuk sheet adalah bahan makanan yang lebar dan tipis (sheet) seperti telur dadar tipis (egg sheet) kuning dan putih, turkey ham, beef bacon pink, kulit timun jepang, lobak putih, wortel

Roket dari egg sheet kuning dan putih

Piyo piyo dari eggsheet kuning

3. Sosis adalah yang yang paling mudah dibentuk karena cepat megar ketika digoreng. Contohnya:
a. Potong sedikit (jangan putus) 3 horizontal, 3 vertical. Egg sheet kuning segipanjang, lipat mendatar, sayat di bagian lipatan dari ujung ke ujung, gulung sosis dengan telur yang bersayat seperti rok, jepit pake spagethi mentah.
b. Bunga sosis: punch tengahnya pake sedotan sedalam 3mm. Pinggir-pinggirnya sayat sedalam 2cm.
c. Gurita: bagi 2 sosis. Ujung sosis jadikan kepala. Potong kaki sosis 1 vertical, 3 horizontal sedalam 2cm.
d. Kepiting: bagi 2 sosis. Potong ujung bundarnya. Potong menengah. Tiap ujung sayat 3 (kaki). Pinggir atasnya sayat 2 (mata). Kulitnya sayat x
e. Ikan: bagi 2 sosis. Potong menengah. Buat ekor dengan memotong seperti segitiga dibagian ujung bundar, sayat kulitnya miring
Goreng api panas
f. Bentuk wortel: potong 3 sosis, sayat kulit 3 mendatar. Sambung dgn brokoli di bagian ujung dengan spaghetti mentah.

berbagai macam bentuk sosis

Nasi juga bisa diwarnai dan dibentuk-bentuk. Yang paling mudah dibuat menurut saya adalah Onigiri atau nasi kepal. Hari itu kamu membuat 4 macam onigiri, warna ungu, hijau, orange dan coklat.

Onigiri hijau bentuk kodok Keropi: campur nasi dgn kacang polong tumbuk. Bentuk bulat dgn plastik. Taro di alumunium cupcake. Tancapkan sosis potong bulat di 2 sisi atas dengan spagheti mentah, tempelkan bulatan mata dari nori seaweed di tengah bulatan sosis (mata kodok). Buat mulut dengan nori. Buat 2 bulatan dari wortel untuk pipi.
Onigiri coklat bentuk Bear: Campur nasi dan kecap kikkoman. Tancapkan sosis di 2 sisi atas dengan spagheti mentah. Bentuk mata dan mulut dengan nori. Potong ellips egg sheet, letakkan bentuk hidung dari nori diatasnya.
Onigiri orange bentuk lebah: Campur nasi dan kabocha. Bulatkan, isi tuna. Buat 2 stripe dengan nori untuk perutnya. Bentuk mata dan mulut dengan nori. Potong 2 lengkungan sayap dari wortel, tancapkan. Tancapkan kacang polong dengan spagheti mentah untuk antenna.
Onigiri ungu bentuk bunga: Campur nasi dan ubi ungu. Buat 6 sheet nori untuk garis. buat bentuk bunga dari wortel, tambahkan bentuk bulat dari egg sheet ditengahnya. Tambahkan 2 edamame untuk daun.

Letakkan onigiri diatas cupcake cup dari kertas, untuk mencegahnya hancur.
Berbagai onigiri. Ki-ka: kodok Keropi, Bear, Lebah, Bunga

Onigiri yang sudah dimasukkan ke lunchbox

Onigiri yang sudah dimasukkan ke lunchbox

Lukman Setiawan Wihardja
www.mymealbox.com

4 comments:

  1. Hi mba Nana, salam kenal.. woaaa lucu sekali bento nya.. tks sdh share, kepingin juga bisa buat bento jadinya ^ ^

    ReplyDelete
  2. haa, mas Lukman dari mym*albox yah?? aseli keren!

    ReplyDelete
  3. Salam kenal juga mbak Elvaza. Iya mbak, mulai dari yg mudah dulu, mudah2an makin bisa nanti.

    Mbak Junita. Iya loh keren bgt dia. Baik bgt dan sabar ngajarnya hehehe. Partneran sama Kinderplays ya. Mantap deh party anak pasti makin seru. Sukses selalu!

    ReplyDelete
  4. Nana.....keren...:D nanti kalau aku di jkt kita belajar bareng ya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...