Wednesday, July 20, 2011

Summary MPASI Naznin - 10 months

Wah, tak terasa ya ternyata sekarang Naznin sudah di penghujung bulan 10 memasuki bulan ke 11. Bulan depan berarti anakku sudah bukan infant lagi, melainkan toddler. Betapa waktu berlalu begitu cepat.

Di bulan ke-10, perkembangan emosi dan sosial Naznin terlihat sangat baik. Dia mudah mengekspresikan emosinya dan mengkomunikasikan kemauannya lewat gerak, suara dan bahasa tubuh yang berbeda-beda. Ketara sekali bedanya dengan Mikail, Naznin mudah merajuk jika kemauannya tidak dituruti. Tapi mudah juga ditenangkan ketika menangis kesal. Ramah dan suka tersenyum, dan tertawa terbahak-bahak kalau si Abang melakukan aksi lucunya. Perkembangan motoriknya sudah baik juga. Sekarang Naznin sudah mahir berpindah tempat dengan berdiri memegang satu benda ke benda lain. Bertepuk tangan, melambai, kiss-bye, berdiri tanpa dibantu lebih lama, merangkak dengan cepat, mengeluarkan benda-benda dari tempatnya, menirukan suara dan kemampuan pincer grasp (memegang benda kecil) membaik.

Berat badan di akhir bulan ke-10 adalah 9.6 kg dengan tinggi 76 cm. Bulan ini mulai GTM (Gerakan Tutup Mulut) lagi. Mungkin giginya mau tumbuh lagi, atau bosan dengan makanannya. Tapi di akhir bulan, selera makannya membaik. Food grinder sudah tidak dipakai lagi, sekarang saya beralih ke parutan, panci dan slow cooker. Summary MPASI-nya dalam seminggu kira-kira sebagai berikut:

Makan pagi:
Oatmeal+pisang
Kentang+wortel
Bubur nasi+bayam+tahu
Bubur nasi+pear+tempe
Roti+telor+keju
Oatmeal+wortel+teri
Bubur nasi+buncis+teri
Cornflakes+yogurt
Makan siang dan sore:
Tim mie+salmon+sawi putih+tomat
Nasi tim+pindang patin+buncis+wortel
Nasi tim+sop daging+wortel+kembang kol
Nasi tim+opor ayam+bayam+tomat
Nasi tim+ikan dori+kacang panjang+teri
Tim mie+sop ayam+brokoli+tomat
Nasi tim+udang+kangkung+kapri manis
Resep andalan bulan ini adalah pindang patin. Saya memasak dengan slow cooker, matang dalam waktu sekitar 6 jam.
Cara memasak:
Masukkan fillet ikan patin, daun salam, tomat buang biji dan kulitnya, bawang bombay, dan beras yang sudah dicuci. Tambahkan air kira-kira ¾ liter (¾ tinggi slow cooker yang 1 liter). Masak sampai semua lembut.
Salam MPASI!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...