Thursday, August 4, 2011

Parenting Win - Growing compassion

Kami sedang bermain di CiTos, ketika saya memutuskan untuk membelikan Mikail majalah anak di Times bookstore. Mikail langsung berlari menuju display Hotwheels yang terpampang di pintu masuk, memilih-milih mobil-mobilan. Saya memang tidak pernah khawatir dia merengek-rengek minta macam-macam, karena dia pasti bertanya dulu, dan tahu kapan dia bisa membeli mainan.

'Mak, hari ini boleh beli mobil?', tanyanya sambil melihat saya yang tengah mengamati banyaknya majalah anak-anak yang beredar di pasaran sekarang. Saya jadi ingat ketika masih kecil, kami berlangganan majalah Bobo dan Donal Bebek. Rasanya senang sekali menunggu hari Kamis, karena ibu saya akan membawakan majalah ketika ia pulang dari kantor.

Saya tersenyum mengiyakan permintaan Mikail. Diapun lompat-lompat kegirangan sambil terus memilih-milih mobil yang menurutnya paling bagus.

Saya akhirnya memilih majalah National Geography berbahasa Indonesia edisi terbaru. Dan Mikail masih juga belum menetapkan pilihannya. 'Yang ini saja, Bang', saya menunjuk mobil a la monster truck cat orange dengan gambar kobaran api di pintunya. Mikail berhenti memilih, melihat mobil pilihan saya. 'Wow bagus banget Mak!', teriaknya. Saya hampir senang. 'Tapi aku gak suka yang itu. Aku mau pick-up truck hijau ini aja ya', senyumnya. Saya melongo. Bukan karena dia bisa menyebutkan jenis mobilnya, bukan karena bisa memilih sendiri. Tapi karena dia membuat hati saya penuh sesak dengan kekaguman, menolak pilihan saya dengan lembut seakan tidak mau menyakiti hati saya. Where did he learn that?

Kebahagiaan membuat saya ingin membelikannya mainan lebih banyak. 'I'll buy every piece of toys in this store for him if I have to', teriak saya dalam hati.

Saya memperlihatkan figurine Micky mouse, Toy story, Cars kepada Mikail, membolehkannya kali ini untuk membeli apa saja yang dia inginkan. Dan anak kecil ini menarik saya ke kasir sambil berkata 'Yuk bayar, aku cuma mau beli ini aja kok'. Saya berjongkok memeluknya sekuat tenaga.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...