Sunday, August 14, 2011

To walk or not to walk

Tinggal seminggu lagi Naznin berulang tahun ke-1. Di keluarga kami, usia 1 tahun adalah milestone yang sangat penting, terutama untuk bisa mulai berjalan. Bukannya memaksa, tapi mentapkan target pada satu milestone terkadang diperlukan sebagai pemacu anak untuk maju.

Dulu, sebulan sebelum Mikail berulang tahun ke-1, seluruh anggota keluarga bergantian dengan tekniknya masing-masing melatih Mikail berjalan. Dari mulai berdiri di rumput, di tengah embun pagi, yang konon katanya membuat anak cepat berjalan. Ditetah dengan kain, yang katanya membuat anak menapak dengan lebih mudah. Sampai dilepaskan berjalan diiming-imingi mainan kesukaannya. Sempat juga seorang tetangga meletakkan belut di kaki Mikail, yang konon katanya membuat anak bisa berjalan :D Wallahu a'lam.

Dan betul saja, tepat di perayaan ulang tahunnya yang kebetulan jatuh di hari Sabtu, Mikail bisa berjalan. Semua anggota keluarga pun bangga.

Sementara kasus Naznin agak berbeda. Naznin yang lahir di tahun Macan, dan berzodiac Leo, agak keras kepala. Kita tidak bisa seenaknya memaksakan keinginan kita, karena dia akan menolaknya begitu saja kalau dia tidak suka. Di satu minggu sebelum hari jadinya, berbagai cara dicoba untuk membuatnya mencoba berjalan, tapi lagi-lagi dia akan berjongkok, turun dan merangkak kembali.

Bukannya dia tidak bisa berdiri sendiri. Naznin bisa berdiri lebih cepat dari Mikail, merambat ke satu tempat ke tempat lain lebih cepat dari Mikail juga. Dia pun bisa berjongkok, dan berdiri lagi dari posisi jongkok tadi. Tapi apa mau dikata, si anak sepertinya comfortable berpindah dengan caranya sendiri.

Akhirnya teknik lain pun dicoba. Kami membelikannya sepatu pre-walker yang bersol berat, supaya menahan kakinya untuk menapak. Konon kata beberapa orang, sepatu tersebut membuat anak lebih pede untuk mulai berjalan. Kemudian, kami meletakkan bangku plastik yang bisa didorong-dorong olehnya, semacam baby-walker lah. Karena kami pantang meletakkan anak di baby-walker beroda. Selain tidak aman, juga sudah dilarang penggunaannya oleh Asosiasi Pediatric di America.

Hasilnya, lumayan juga. Sekarang Naznin lebih memilih untuk berdiri merambat daripada merangkak. Dia pun sepertinya menyukai sensasi baru, berjalan dan melihat dunia lebih tinggi dari biasanya. Terkadang saya memegang satu tangannya, mengajaknya menyeimbangkan tubuh. Dan si Abang, dengan senang hati membawakan bangku plastik, baby-walker si Adek, ketika adiknya perlu berpindah ke tempat lain.

Semoga usaha kali ini berhasil membuat Naznin berjalan. Every milestone is an achievement. And every achievement is every parent's pride.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...