Tuesday, February 21, 2012

Belajar dari SEMUT!

Ada pelajaran berharga dari tweet @salimafillah beberaoa waktu lalu, mengenai Semut. Makhluk kecil yang seringnya luput dari perhatian kita. Semoga bermanfaat.

Gambar dari sini


1) Di antara ucapan paling menakjubkan ialah kata-kata seekor ketika bala tentara Sulaiman yang agung merambah negerinya.
2) Bala tentara jin, insan, burung, & hewan tertata rapi dalam barisan {QS 27: 17}, lalu ayat ke-18 mengabadikan ucap si .
3) "Wahai para ; masuklah ke dalam rumah tinggal kalian; agar Sulaiman & pasukannya tak menginjak kalian sedang mereka tak menyadari."

4) Sungguh berlimpah pelajaran dari kata-kata sang  ini. Pertama; ucapan indah ini ditujukan untuk menyelamatkan kaumnya.
5) Ucapan yang bertujuan menyelamatkan kehidupan sangat mahal nilainya. Mari kita berlatih untuk bicara hal sedemikian. 
6) Seorang muslim bicara hal yang baik; benar isinya, indah caranya, tepat waktunya, bermanfaat, & berpahala. Atau diam. 
7) Atau setidaknya; selamatkan sesama dari gangguan tangan & lisan kita. Mari bicara mulia, menjaga jiwa, menyelamatkan hidup.
8) Pelajaran ke-2; Yang hendak diselamatkan  adalah sesama semut; yang andaipun mati, tiada kan mempertanggungjawabkan 'amal.
9) Kalimat  menyelamatkan semut ini dimuliakan Al Quran. Maka betapa lebih mulia lagi kalimat manusia tuk selamatkan manusia.
10) Sebab hidup  hanya soal hajat; sedang hidup manusia adalah soal amanah ibadah yang kan dipertanggungjawabkan dengan rinci.
11) Pelajaran ke-3; ucapan  ditujukan untuk menyelamatkan hidup kawan-kawannya di dunia. Ini mulia & Allah mengabadikannya.

2 comments:

  1. saya juga sempat baca twit beliau tentang semut itu...
    subhanallah :)
    salam kenal, mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Risa, senangnya bertambah kawan lewat blog.
      Aku tambahkan blogmu pada blogrollku ya :)
      Keep inspiring!

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...