Sunday, February 5, 2012

Play and Learn at Home with SuperSimpleLearning

Sempat tergiur mengikuti kebanyakan ibu-ibu, memadati waktu luang anak dengan les-les. Entah tujuannya untuk membuat anak lebih pintar dari yang lain, atau hanya sekedar menyibukkan anak supaya tidak bosan, atau malah sekedar ikut-ikutan saja supaya tidak dibilang ketinggalan.

Tapi kalau dipikir lagi, rasanya kasihan sekali Mikail kalau diumurnya yang belum 4 tahun sudah 'dipaksa' sibuk. Setiap harinya, waktu bermainnya sudah harus dikurangi jam sekolah dan mengerjakan tugas sekolah. Belum lagi dipotong waktu tidur siang, sehingga total waktu bermainnya di hari sekolah hanya 4-5 jam saja. Kalau boleh memilih, pastinya Mikail akan memilih untuk bermain 24 jam ya :)

Di suatu hari, saya menemukan satu channel Youtube yang isinya nursery rhymes bernama Super Simple Learning. Waktu Mikail kecil, kami sempat mendownload beberapa lagu mereka seperti Count and Move dan ABC song, tapi baru sekarang saya perhatikan ternyata mereka punya banyak koleksi lagu-lagu pendidikan lain. Bukan hanya itu ternyata mereka punya sekolah khusus seperti playgroup yang metode belajarnya seru sekali.

Di website mereka http://www.supersimplesongs.com/ terdapat banyak sekali lagu-lagu buatan mereka sendiri yang mendidik anak dengan cara yang sangat simple, persis seperti nama mereka Super Simple Learning. Ketika dibrowsing, banyak sekali activity-based-song yang bisa kita coba sendiri di rumah. Semacam bermain di playgroup, tapi kita berakting seperti gurunya.

Saya mencoba beberapa lagu seperti Who took the cookie dan Pinnochio yang liriknya mudah diingat anak-anak. Ternyata Mikail dan Naznin suka sekali. Pertama saya menunjukkan video cara bermainnya di Youtube, kemudian kami mencoba sendiri dalam lingkaran. 3 kali mencoba, Mikail dan Naznin sudah hapal sendiri lagunya dan tak bosan-bosannya bermain. Sampai sekarang pun kalau kami bermain di rumah teman, lagu permainan ini menjadi andalan kami untuk menghangatkan suasana playdate kami.



Masih banyak lagi video permainan yang bisa dicoba dari Super Simple Learning, seperti:
Please sit down yang mengajak anak untuk duduk diam sebelum memulai aktifitas seperti belajar atau membaca buku
Clean up untuk mengajak anak membereskan mainan dengan gembira
Walking walking mengajak anak-anak beraktifitas fisik sementara mengajar kata-kata baru seperrti walking, running, hopping, swimming, stop, dll

Skiddamarink video

Class activity

SuperSimpleLearning juga megeluarkan DVD yang bisa dibeli di beberapa toko buku, video, maupun online dari website mereka.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...