Thursday, March 1, 2012

Easy Amateur Photo Editing with Picassa

Gambar bisa mengungkapkan sejuta makna. Sesuatu yang biasa saja, tapi kalau dicapture oleh kamera berteknologi tinggi pasti menjadi spesial. Harus diakui juga, kadang kita memilah-milih artikel atau buku untuk dibaca juga berdasarkan kualitas gambarnya. Kalau gambarnya terlihat wah tentunya kita akan tertarik untuk membaca lebih lanjut. Begitu juga blog, akan lebih menarik kalau gambar yang ditampilkan juga menarik pembacanya.

Untuk ibu-ibu gagap teknologi yang kurang (baca: tidak) artsy seperti saya, jangan kuatir. Ada beragam applikasi photo editing, yang bisa digunakan di komputer atau smart phone. Untuk pengguna rangkaian gadget Apple ada Instagram yang membuat orang ketagihan mengganti-ganti mood gambar menjadi spesial. Untuk yang tidak punya iPhone, iPad atau iMac bagaimana dong? Tenang saja, masih ada banyak aplikasi lain. Salah satunya Picassa dan Picnik, milik Google. Saya belum selesai mengutak-atik Picnik, jadi kita bahas Picassa saja ya.

Pertama, download Picassa for free di http://picasa.en.softonic.com/ ikuti petunjuknya. Saya ingat sekali waktu pertama kali memakai Picassa sekitar tahun 2006, disana hanya bisa menyimpan foto dan mengumpulkannya dalam album, semacam cloud documenting lah. Sekarang di versi terbaru Picassa, you can do so much more!

Tampilan Picassa pada layar komputer adalah seperti ini:


Applikasi ini terhubung live dengan windows explorer dan recognize semua type file yang merupakan picture (jpg, tif, png, gif, dan yang lain) dan menampilkannya di library Picassa. Feature editing sangat simple, mudah diaplikasikan dan dicancel apabila tidak suka. Jadi kita bisa mencoba satu persatu filter photo yang kita suka, mengutak-atik lighting, dan menuliskan text ke dalam foto. Contohnya seperti ini:

Before
After



















Sudah tidak sabar untuk tahu caranya. Berikut step by step basic editing menggunakan Picassa:
1. Buka aplikasi Picassa, semua foto akan ditampilkan di layar. Double click foto yang mau di-edit
2. Setelah memilih foto, editing tools akan keluar di sebelah kiri dalam 5 tab. 


3. Di tab pertama yang bergambar wrench, kita bisa mengcrop gambar, meluruskan, menghilangkan red-eye pada mata atau mengedit foto. Untuk crop, click pilihan Crop di tab pertama, manually drag area yang yang mau dicrop, gunakan tombol Preview untuk melihat hasil crop tanpa menghilangkan gambar aslinya. Click apply apabila gambar sudah ok, dan click Canecel apabila ingin mengulang crop.
4. Di tab kedua bergambar matahari, adalah lighting. Naik turunkan highlight, lights dan shadow untuk memilih pewarnaan yang pas untuk gambar. 
5. Di tab ketiga, keempat, dan kelima, kita bisa memilih jenis effects untuk photo kita. Coba satu persatu dan pilih yang kita suka. Click Apply setelah memilih, click Cancel apabila ingin merubahnya.
6. Untuk menulis text pada gambar, click tab pertama, pilih Text yang bergambar ABC. Font, besar font, warna text bisa dipilih sesuai keinginan.
7. Untuk mengedit gambar secara otomatis, click I'm feeling Lucky di tab pertama, dan Picassa akan mengedit lighting gambar.

Juga ada pilihan collage, dimana kita bisa menggabungkan beberapa foto di dalam satu frame. Setelah digabungkan menjadi collage, kita bisa mengeditnya kembali as one picture. Contohnya seperti ini:
Untuk membuat collage, click tombol Create di pilihan menu bagian atas, pilih Picture collage di menu Create tadi. Layar akan berubah menjadi seperti ini:


Click tab Library untuk memilih foto, Click tab Clips dan gambar yang dipilih akan muncul. Drag foto ke dalam layar putih di sebelah kanan. Pilih lagi foto lain di tab Library dan drag lagi foto dari tab Clips, dan begitu selanjutnya sampai foto yang mau dipilih semua ada di layar kanan. Select foto, dan click tombol Remove apabila ingin menghilangkan foto tersebut dari collage, tapi jangan kuatir karena file foto aslinya tidak akan hilang. Foto bisa dimiringkan, click foto dan akan terlihat dot merah untuk memutar angle foto. Atur foto sesuai keinginan, dan click Create collage di bagian kiri bawah.

Layar akan berubah menjadi editing mode. Dan seperti sebelumnya kita bisa mengedit collage yang sudah menjadi satu file gambar. 

Mudah kan? Di blog TipsJunkie ada juga tips mengedit foto menggunakan Picassa:
dan tips pemotretan menggunakan lighting yang baik di:

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...