Thursday, March 1, 2012

Lets be the changemaker. Activate Empathy!


Apakah empati itu? Menurut www.changemakers.com, empati bukan hanya perasaan khawatir dan bukan sekedar awareness. Tetapi adalah kesensitifan kita terhadap masalah dan maju untuk menyelesaikan masalah di masyarakat. Empati adalah mendengarkan dengan aktif, mencari sumber masalah di masyarakat, dan standing-up mencari solusi untuk mencapai kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Alangkah indahnya apabila anak-anak di Indonesia memiliki empati yang besar di jiwa mereka masing-masing. Bahu-membahu memperbaiki kesalahan bapak, ibu, nenek moyang mereka yang meracuni budaya indah tanah air dengan egoisme, individualisme, miskin hati, buta rasa, bebal jiwa. 

Namun bagaimana cara mengajarkan empati ini? Pastinya bukan dengan contoh yang mereka lihat di media, bukan dari perangai pemimpin negara, dan bukan dari suapan pendidikan yang mendikte tanpa mendidik hati. Komunitas Ashoka Changemakers menchallenge pendidik, orangtua, dan semua orang untuk bersama-sama memikirkan solusinya. Metode, ide, project, program atau apapun yang dapat mengajarkan empati kepada anak-anak Indonesia, dan semua anak di dunia.

Detail kompetisi dapat dilihat disini  http://empathy.ashoka.org/. Kompetisi sudah dimulai dari 19 January 2012 dan berakhir 30 March 2012. Mari ikut berpartisipasi. Untuk Indonesia yang lebih baik!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...