Saturday, April 14, 2012

Go away Big Green Monster!!

Akhir-akhir ini Mikail banyak berimajinasi tentang hal-hal yang mengerikan. Entah darimana dia mendengarnya, mungkin di sekolah atau ikut-ikutan teman bermainnya. 

Sewaktu kecil, Mikail tidak pernah takut terhadap apapun. Dari mulai sega jenis binatang yang baru dilihatnya sekalipun, seperti ular, kecoa, tikus - juga melakukan hal-hal baru yang menakutkan bagi sebagian orang seperti melompat dari ketinggian, berenang tanpa dipegang. He was such a dare devil, semua ingin dicobanya. Karena kami juga mendorongnya untuk mencoba hal yang baru, kami tidak pernah melarangnya melakukan apapun, dalam batas kewajaran dan keamanan tentunya.

Tetapi memasuki usia 4 tahun ini, seringkali dia urung untuk berada di kamar sendiri, takut kegelapan, dan selalu minta ditemani kemana-mana. Kalau menurut jurnal-jurnal parenting, memang di usia 3 tahun ke atas anak suka berimajinasi dan kadang membayangkan hal-hal yang seram-seram di sekitarnya. Meskipun normal, kita mesti bijak mencari sebab ketakutannya dan mengajak anak untuk melawan ketakutannya, tentunya secara bertahap dan penuh kesabaran.

Dalam satu artikel mengenai Children and Bedtime Fears and Nightmares, ketakutan dan imajinasi anak mengenai hal yang menakutkan bisa datang dari mana saja. Ketika pikiran anak mulai matang, mereka mulai menyadari bahwa ada hal-hal tertentu di dunia ini yang bisa menyakiti mereka. Dan emosi juga berperan penting pada ketakutan ini. Semakin banyak emosi negatif yang timbul kepada suatu kejadian atau suatu benda, ketakutan akan mudah timbul.

Dan pada Mikail, ketakutan itu adalah monster dan hantu. Sepertinya dia mendengar dari teman bermainnya yang lebih besar, yang sering menyaksikan film-film horror. Hampir setiap dia ingin mengambil sesuatu dari tempat tertutup, atau memasuki ruangan gelap, ataupun saya tinggal sendirian di ruangan yang sunyi, pasti dia akan merasa ketakutan. 'Takut Ma, nanti ada monster!', katanya sambil bergidik. Terkadang juga dia bilang takut hantu, yang kalau saya tanyakan apa itu hantu diapun tak dapat menjelaskannya. 

Saya tahu bahwa mengatakan 'tidak perlu takut', 'sudah besar kok takut', atau 'tidak ada apa-apa kok' sama sekali tidak akan mengurangi ketakutannya. Mencoba menyembunyikan ketakutannya dan berpura-pura tidak mendengarkan keluhannya mungkin malah bisa menembah buruk ketakutannya. Jadi sebisa mungkin saya mencoba mendengarkan ceritanya, apa yang dia takutkan, dan berharap fase ketakutan ini akan segera mereda.

Kemarin ketika melayari youtube.com, kami menemukan sebuah lagu yang sangat menarik. Liriknya simple dan lagunya sangat catchy. Isinya mengatakan Go Away pada big green monster, scary witch, dan white ghost. Ini linknya http://www.youtube.com/watch?v=4coi65CT1G4.


Dan setiap kali Mikail merasa ketakutan, kami pun menyanyikan lagu ini sambil mengatakan kepada hal yang ditakutkannya. Lagu ini cukup berhasil mengalahkan ketakutan Mikail, karena dia akan merasa lucu sendiri dan akhirnya tertawa melupakan ketakutannya.

Kalau anak Anda berada di fase yang sama, mungkin Anda mau mencoba hal yang sama.



1 comment:

  1. hahahahahahahha,im addicted to this song,FOR REAL! wait till agath watch this,huahahahahhah...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...