Wednesday, September 19, 2012

DIY - Step by step Dinosaur Costume from Hoodie Jacket

Ketika guru Mikail meminta anak-anak untuk mengenakan kostum dinosaurus, saya sempat bingung. Pertama, saya malas untuk membelikan sesuatu yang pastinya mahal, dan hanya akan dipakai sekali saja. Kedua, acara Dino Day yang tinggal besok hari, sementara saya juga harus menyiapkan kegiatan untuk kelas Fun House anak di sore hari, membuat saya bingung mau mulai mencari kostum dimana.

Setelah googling sana-sini, akhirnya saya bertekad untuk membuat kostum dinosaur sendiri untuk Mikail. Ternyata, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya sangat mudah didapat. Hasilnya pun terlihat spesial sekali. Mikail dengan bangga memamerkan kostum dinosaurusnya kepada teman-temannya.



Bahan yang diperlukan:
Jacket hoodie warna apa saja. Lebih baik kalau polos.
Kain flanel atau juga disebut felt, 2 warna berbeda.
Gunting, penggaris, pensil.
Lem kain (saya pakai merk Astero, dapat dibeli di pasar)

Cara membuat:

Langkah 1: Siapkan jacket hoodie. Potong kain flanel dengan lebar 12cm (atau lebih)


Langkah 2: Potong-potong kain berbentuk bujur sangkar. Caranya: Lipat segitiga dan potong, sehingga membentuk bujur sangkar dengan sisi sama panjang.


Langkah 3: Buat garis di tengah jacket, dari ujung atas sampai bawah. Mulai jahit bentuk bujur sangkar di bagian tengahnya, ikuti garis yang sudah digambar di jacket.

Langkah 4: Setelah semua bagian tengah jacket selesai dijahit, lanjutkan dengan menambah design jacket. Buat bentuk lingkaran besar dan kecil dengan flanel warna lain. Tempel dengan lem kain. Tempel juga bagian depan jacket supaya lebih cantik. 

Sumber inspirasi:
Tutorials Adventure Blog

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...