Sunday, September 9, 2012

Menggunakan Blogger.com untuk pemula

Bukan berarti blog saya adalah contoh yang bagus, bukan juga saya sudah mahir menggunakan semua feature di dalam blogger.com, saya masih harus banyak belajar. Posting ini hanya rangkuman pengalaman saya ketika memulai membuat blog. Semoga berguna bagi pemula lain seperti saya.

Yuk kita mulai. Pertama, akses melalui internet www.blogger.com. Buka account baru dengan mengklik tombol SIGN UP di pojok kanan atas situs www.blogger.com. Apabila Anda sudah punya account Gmail, hanya perlu SIGN IN menggunakan alamat imel Gmail Anda.

Tampilan pertama setelah membuat account blog baru

Ikuti petunjuk dan isi kolom yang perlu diisi sampai Anda harus klik NEW BLOG. Dan selamat! Anda sekarang punya account blog sendiri. Untuk mengakses situs ini kembali setelah SIGN OUT, Anda tinggal menuju ke www.blogger.com, sign in dengan alamat email Anda, dan situs akan membawa Anda ke bagian DASHBOARD yang tampilannya seperti ini:

Tampilan Blogger Dashboard

Pertama mari kita berkenalan dengan feature-feature yang ada di bagian muka Blogger Dashboard. Dimulai dari Panel Sebelah Kiri:

1. Tombol NEW BLOG. Untuk membuat lagi account blog baru, dengan menggunakan alamat imel yang sama.
2. Gambar pensil berwarna orange adalah shortcut ke 'New Post'
3. Reading List. Dimana kita bisa membuat list pribadi (tidak tampil di layar blog ketika online) blog-blog orang yang kita ingin ikuti. Update postingan terbaru akan tampil di panel tengah di Blogger Dashboard.

Klik tombol 'Add' dan tampilan baru akan muncul. Masukkan link URL blog yang ingin kita ikuti. Klik 'Follow'.

Menambah reading list

OK, panel sebelah kiri sudah selesai. mari kita lanjut ke Panel Tengah:
Panel tengah selain berisi preview dari reading list, juga menunjukkan jumlah hitungan klik dari pembaca blog, jumlah post yang sudah kita buat, dan jumlah follower.

Klik di judul blog kita, dan akan keluar tampilan baru sebagai berikut:

Tampilan setelah mengklik judul blog di panel tengah

Setelah tampilan baru muncul. terdapat banyak pilihan di sebelah kiri, seperti:
1. Tombol New Post. Untuk memasukkan artikel/post baru.
2. Overview. Melihat secara garis besar jumlah pengunjung website dalam waktu yang bisa kita pilih (per hari, per minggu, per bulan, atau all time), komen, dan jumlah follower.
3. Posts. Melihat semua artikel yang sudah kita tulis, yang sudah dipublish (tayang di blog online), maupun yang masih draft.
4. Pages. Mengajak pengunjung blog untuk berkunjung ke page yang kita inginkan. Misalnya link blog kita yang lain, link jualan kita di website lain, atau artikel yang kita ingin pengunjung baca.
5. Comments
6. Google+. Menghubungkan blog Anda dengan laman baru yang Anda dapat ciptakan di Google+. Menambah jaringan dan jumlah pengunjung.
7. Stats. Menunjukkan detail statistik pengunjung blog di 'Overview'. Dapat dilihat secara garis besar, melihat jumlah pembaca per 'Posting', dari negara mana saja pembaca blog kita dari 'Audience', dan dari mana mereka dapat tahu blog kita dari 'Traffic Source'.

Oh ya! Jangan lupa klik tulisan 'Dont track your own pageviews' yang terletak di sebelah kanan. Karena kalau record pageview-nya hanya karena kita berulang kali mengutak-atik design, kan sama saja bohong ya. Kita tidak tahu berapa banyak jumlah pengunjung blog kita yang sebenarnya.

Jangan lupa klik 'Dont track your own pageviews'

8. Earnings. Bila Anda penulis blog aktif yang isi blognya spesifik dengan pengunjung tetap yang banyak, Anda bisa menghasilkan uang dari blog Anda dengan pemasangan iklan yang diatur oleh Google. Caranya tinggal daftarkan ke Google dari tombol 'Earnings', pantaskan blog Anda, dan tunggulah jawaban dari Google.
9. Layout. Nah disini Anda bisa utak-atik penampilan blog Anda. Caranya mudah:
- Ketika mengklik Layout, yang pertama keluar adalah tampilan seperti ini

Tampilan Layout

Disini, dengan mudah layout tampilan blog dapat dirubah-rubah dengan Click and Drag. Klik dan tarik komponen blog dan coba-coba pindahkan sesuka hati.

- Klik Template Designer di bagian atas kanan, dan tampilan akan berubah seperti ini

Tampilan Template Designer


Disini design tampilan blog dapat diganti dengan 5 cara:
*) Template. Berbagai pilihan template gratis dari Blogger.com dapat dicoba dan dipilih sesuai keinginan.
*) Background. Menambahkan warna atau pattern dan gambar-gambar menarik di background tampilan blog,
*) Adjust width. Mengatur sendiri lebar dan komposisi panel kiri, tengah dan kanan.
*) Layout. Mengganti layout tampilan, seperti tanpa panel kiri, hanya panel tengah, dll.
*) Advance. Disini lebih banyak pilihan untuk mengutak-atik tampilan blog Anda. Dari mulai mengganti font tulisan, mengedit judul blog, sampai menambah warna disana-sini

10. Template. Sama halnya dengan section templates di bagian layout, disini kita bisa memilih template yang kita inginkan.
11. Setting. Didalamnya terdapat pilihan:
*) Basic. Disini kita bisa merubah judul blog, alamat blog, menambahkan admin blog, dan menentukan privacy.
*) Post and Comments. Mengubah pengaturan tampilan postingan dan komen
*) Mobile and Email. Posting artikel bisa dilakukan lewat sms atau email loh. Di tombol 'Add mobile' kita bisa memasukkan nomer telpon kita untuk kita post artikel lewat sms. Dan di bagian 'Posting using email' kita bisa memasukkan imel tempat kita harus mengirim posting artikel untuk ditayangkan.
Di bagian 'Email posts to' dapat kita masukkan alamat imel teman atau keluarga yang akan otomatis mendapat kiriman artikel setiap kali kita menayangkan artikel baru.
*) Language formatting. mengatur jam, tanggal, dan bahasa.
*) Bagian 'Search Preference' dan 'Other' tidak perlu diubah-ubah.

Sekarang untuk membuat postingan baru. Caranya, klik 'Star Posting' bagi account yang baru dibuat pertama kali. Selanjutnya Anda bisa klik 'New post' di panel sebelah kiri. Atau dengan mengklik icon pensil, yang juga merupakan shortcut untuk membuat posting baru.


Tampilan layar 'New post'

Tampilan diatas adalah tampilan ketika Anda mengklik 'New Post'. Disini Anda bisa langsung menulis apa saja yang ingin Anda tulis, menambahkan judul, memasukkan gambar, merubah font, style, dan warna tulisan.

Anda bisa juga memasukkan link, misalnya ketika pembaca mengklik kata Mommiesdaily yang Anda tulis, terhubung ke website www.mommiesdaily.com. 

Di panel kanan, ada pilihan Label yang bebas diisi sesuai isi tulisan. Tujuannya untuk mengkelompokkan tulisan menjadi kelompok-kelompok kecil. Misalnya semua resep masakan masuk ke Label 'Resep', atau semua cerita anak masuk ke Label 'kiddos', dsb.

Gadget, gadget, gadget!
Hal yang tak kalah seru adalah mencoba-coba ratusan tambahan gadget yang ditawarkan oleh Blogger.com. Pilihan gadget dapat dilihat dari halaman 'Layout' (Lihat kembali bagian Panel Tengah nomer 9). Di kotak-kotak layout yang dapat di click-and-drag, ada banyak kolom belum terisi bertuliskan 'Add a Gadget' di panel atas, bawah, kiri dan kanan. Dan disitulah kita bisa menambahkan berbagai feature baru sebanyak apapun yang kita suka.

Caranya tinggal klik tulisan 'Add a Gadget' tersebut, dan pilih ratusan feature yang ditawarkan Blogger.com. Persis seperti application yang waktu itu sering diunduh untuk ditambahkan ke Friendster (kalau masih ingat yaa hehehe). 

Jangan khawatir, coba saja satu persatu. Kalau salah atau tidak suka, cukup klik 'Edit' di kotak-kotak layout tadi, dan pilih 'Remove'. Mudah kan?

Happy blogging!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...