Monday, September 3, 2012

RESEP: Soto Mie Bogor



Berbeda dengan resep lain yang saya posting, resep yang ini cukup menantang. Eits, jangan ditutup dulu. Bukan membuat sotonya yang sulit, tapi risolnya! Tapi kalau tidak pakai risol, kurang afdol rasanya kan? Yuk kita mulai dari yang ribet dulu :)

Bahan risoles:
Kulitnya: Tepung terigu semangkok, telor 1 butir, kocok, sedikit garam. Campur air biasa sampai cukup encer (seperti adonan crepes. Encer lebih baik supaya bisa diratakan di pan ketika dimasak)

Isinya: Bihun yang dilembutkan dengan cara dimasukkan ke air mendidih (api dimatikan) dan wortel parut. Ditumis dengan bawang putih, lada dan garam.

Cara membuat kulit risoles:
Panaskan wajan leper anti lengket, tuangkan sedikit minyak (cukup sekali ketika mulai pertama kali). Tuang adonan sambil menggoyang-goyangkan wajan sampai rata dan penuh sewajan. Tunggu sampai agak matang, angkat. Terus begitu sampai adonan habis. 
Sepertinya sulit ketika memulai, mungkin adonan mengeras di tengah wajan atau tidak bulat. Tapi setelah dicoba beberapa kali, you'll get the hang of it!



Isi kulit risoles, lipat kanan kirinya, gulung. Goreng hingga kecoklatan.

Tips: kecilkan api, supaya adonan tidak cepat menggumpal sebelum diratakan. Kalau terlihat ada bagian yang terlalu tipis, tinggal tambahkan sedikit adonan dengan sendok.



Bahan soto:
Bawang merah dan putih, untuk satu panci sedang saya pakai 8 bawang merah dan 6 bawang putih
Daging, yang berlemak lebih enak (tentunya pilihan lebih sehat adalah lean meat tanpa lemak ya)
Kemiri 2 buah
Daun bawang 4 batang
Serai 2 batang
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Ebi kira-kira 10 ekor, disangrai dan ditumbuk
Garam dan lada

Cara membuat soto:
Rebus daging sampai benar-benar empuk. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan ebi. Tumis dan masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan air bila perlu. Masukkan daun salam, daun jeruk, daun bawang, dan serai. Masak hingga matang. Tambahkan garam  dan lada. 

Bahan pelengkap:
Mie yang sudah direbus setengah matang
Kol diiris tipis
Tomat diiris tipis

Bawang goreng
Emping
Kecap

Cara menyajikan:
Siapkan dalam mangkok semua bahan pelengkap, dan risoles yang dipotong-potong. Guyur dengan kuah yang panas. Siap disajikan.

Lebih seru kalau dibuat sewaktu weekend, untuk dimakan ramai-ramai. Walau membuatnya cukup lama, sekitar 1.5 jam, tapi pasti puas sekali ketika memakannya.

Selamat mencoba!




1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...