Friday, September 7, 2012

Thursday, 6th September 2012 - Dadar gulung coklat


Kelas sore kami mulai membengkak! Dari jumlah murid yang 14 orang, tiba-tiba menjadi 24 orang. Seneng, kaget, dan seru sekali melihat anak-anak yang ternyata memiliki animo yang besar untuk bermain dan belajar bersama di kelas kecil kami.

Sendirian, tadinya saya pikir akan membuat repot dan kewalahan. Ternyata, anak-anak yang lebih besar dan terutama yang angkatan lama mengerti bahwa bantuan mereka dibutuhkan. Mereka dengan sigap mengajari peraturan kelas, mengingatkan apabila ada yang tidak memperhatikan, bahkan datang lebi hawal untuk membantu menyiapkan peralatan mengajar. Luar biasa!

Dan seperti biasa di hari Kamis, adalah kelas favorit karena kegiatannya adalah memasak. Tanggal 6 September ini saya mengajak anak-anak membuat dadar gulung coklat. 

Idenya datang ketika membuat kulit risoles saat mencoba resep Soto Mie Bogor hari minggu lalu. Bahan kulit risoles dimodifikasi menjadi crepes coklat. Kemudian isinya menjadi vla coklat kental. Mmmhhh yummy deh! Apalagi anak-anak bisa melihat langsung cara membuat crepes atau dadar coklatnya. Jadi tambah seru!

Kita sharing resepnya ya.


Bahan crepes atau dadar coklat (untuk mangkuk sedang, kira-kira jadi 6-8 buah):
1 butir telur
1 cangkir tepung terigu
2 sdm bubuk coklat Van Houten
1 sdm gula pasir
Air

Cara membuat: Semua bahan selain air diaduk rata, tambahkan air suhu biasa sampai adonan encer.
Tuang 1 sendok sayur ke panci anti lengket dengan api sedang, sambil digoyang-goyang sampai adonan menjadi tipis bulat. Masak sebentar sampai matang.

Bahan isi (untuk 1 panci kecil, kira-kira untuk isian 10 dadar gulung):
2 gelas Susu kental manis coklat campur dengan air. Sisakan setengah gelas, lainnya masukkan ke panci.
Rebus susu yang di panci tersebut sampai mendidih. 
Campur 2 sdm tepung custard dengan sisa susu yang di gelas, sampai teraduk rata. Masukkan ke rebusan susu yang sudah mendidih.
Aduk dengan api kecil sampai mengental.




Setelah dingin, masukkan isian ke kulit dadar. Gulung rapih. Sajikan









No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...