Wednesday, September 12, 2012

Tuesday Art Class, 11 September 2012 - Making Stick Book

Anak-anak membuat buku tetang diri mereka sendiri

Di hari Selasa minggu ini, saya mengajak anak-anak untuk menuliskan cerita singkat mengenai diri mereka sendiri dan kesukaan mereka. Cerita tersebut kemudian dijadikan buku, dan di binding mudah dan murah dengan stick bekas ice-cream.

Lebih serunya lagi, saya juga print foto mereka masing-masing dan mereka tempelkan di dalam buku mereka. Anak-anak suka sekali, dan ingin membuat lebih banyak buku serupa mengenai hal lain. Lain kali kami akan membuat buku cerita yang mereka karang sendiri. Pasti seru!

Ide pembuatan buku ini saya dapat dari Makingbooks dotcom. Kreasi aslinya menggunakan stick kayu dari pohon, tapi karena repot mencari 22 batang pohon, saya modifikasi dengan menggunakan stick bekas ice-cream yang banyak dijual di toko peralatan dan bahan kue.

Bahan yang diperlukan:
Kertas karton untuk cover buku ukuran 1/4 kertas A4
1 Kertas A4 yang dipotong 4 bagian. Untuk 4 halaman buku
Paper Puncher. Untuk membuat bolongan di kertas
1 Stick bekas ice-cream
1 Karet gelang
Crayon, pensil warna, glitter glue, dll
Majalah bekas untuk digunting-gunting untuk menghias buku

Cara membuatnya mudah sekali. Setelah selesai mengisi 4 halaman buku, dan menghias cover buku, susun rapih buku agar tidak berantakan. Punch 2 lubang di sisi kiri buku. Masukkan karet gelang dari 1 lubang, sisipkan stick ice-cream. Masukkan sisa karet ke lubang satunya, dan sisipkan kembali ke ujung stick ice-cream yang satunya. Selesai!

Terdapat juga video mengenai cara pembuatan buku ini. Bisa dilihat di link video youtube berikut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget