Friday, September 7, 2012

Tuesday Art Class, 4th September 2012 - Menanam Kangkung!



Di hari Minggu 2 September yang lalu, komunitas @IDberkebun mengadakan kegiatan berkebun skala nasional di 23 kota bertitle #tanamserentak. Kegiatan ini disambut antusias oleh pengikut komunitas urban-farming Indonesia. Di Jakarta sendiri, #tanamserentak diadakan di @RumahSushi dan @steakholycow  yang dengan bangga saya hadir di kedua tempat tersebut.

Bukan saja kegiatan berkebun ini menyenangkan, menanam sesuatu yang tadinya menurut saya membosankan ternyata sangat menarik dan memuaskan. Terutama bagi warga Jakarta yang kesehariannya dipenuhi kejenuhan aktifitas yang padat dan monoton. Melihat lahan hijau yang dibesarkan sendiri pastinya menjadikan kepuasan tersendiri bagi penanamnya.

Terinspirasi oleh @IDberkebun, hari Selasa lalu di kelas Art di kelas rumahan gratis kami, saya mengajak anak-anak untuk menanam kangkung. Benih kangkung organik dengan merk Panah Merah yang merupakan salah satu bibit favorit karena subur, pun saya gunakan.

Untuk menjadikan aktifitas tambah menarik, sebelum berkebun saya mengajak anak-anak yang sekarang sudah berjumlah 24 orang ini untuk membuat pot sendiri dari bahan koran bekas. Caranya mudah sekali, bisa dilihat di link ini.

Menurut Mbak Cindy dari @IDberkebun, benih kangkung dari Panah Merah ini bisa tumbuh sampai 10 kali dengan kualitas yang relatif tidak berkurang. Kangkung akan tumbuh dalam waktu 21 hari atau kurang lebih 3 minggu. 

Cara menanamnya sangat simple, menggunakan pot kecil yang diisi tanah berisi kompos organik atau disebut juga media tanam. Media tanam tersedia di berbagai toko alat pertanian atau sepanjang jalan Ragunan, atau Pasar Minggu untuk warga Jakarta Selatan :D

Benih hanya perlu ditabur sedikit saja di permukaan media tanam. Kemudian tutup sedikit dengan media tanam, sedikit saja ya. Pasalnya benih kangkung atau benih sayur lain perlu banyak sinar matahari sehingga baik bila tidak tertanam dalam. 

Perawatannya sangat mudah juga. Tanaman disiram 2x sehari dan diletakkan di tempat yang terpapar banyak sinar matahari. Pupuk cair organik dapat diberikan bila kangkung tidak tumbuh optimal di minggu kedua. Cukup sekali seminggu saja. Bila kangkung sudah cukup umur, dapat dicabut dengan akar-akarnya, kemudian tanah ditambah dan ditanam benih baru. Atau bisa juga dipotong dibagian bawahnya dan kangkung dapat tumbuh lagi sampai 10 kali maksimal.

Seru kan! Yuk coba, dan jadi juragan kangkung!




Tunggu perkembangan kangkung kami di post selanjutnya ya :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...