Thursday, October 4, 2012

RECIPE - Easy and Quick Granola Balls


Setelah mengoprek resep-resep mudah, terutama setelah menemukan buku berharga 'Sereal Cookies' Membuat kue tanpa terigu dan tanpa oven, saya jadi punya lebih banyak ide untuk kelas memasak hari Kamis. 

Hari ini, kami mencoba resep granola. Di resep asli yang banyak beredar di internet dan buku-buku, granola sesungguhnya banyak menggunakan buah yang dikeringkan seperti dried cherry, dried apricot, kismis, dan berbagai kacang-kacangan. Tapi bahan utamanya, rolled oats pasti ada. Granola di resep aslinya dibuat gepeng dan panjang-panjang. 

Untuk membuatnya menjadi lebih mudah, kami memakai bahan yang sudah halus, sehingga tidak perlu menggunakan food processor. Kami memilih untuk membulatkan adonannya, karena mencetak gepeng dengan plastik lebih susah dikerjakan oleh anak-anak.

Jadi, inilah resep granola mudah dan cepat yang kami gunakan hari ini:
Rolled oats atau Oatmeal instant kemasan
Sliced almond yang sudah dipanggang lebih dahulu
Chocolate chips
Kelapa parut (lebih enak bila sudah diperas santannya dahulu)
Peanut butter 
Madu

Cara membuat:
Sediakan 1 mangkuk rolled oats, tambahkan semua bahan dan aduk sampai semuanya lengket dan merata. Tidak perlu khawatir dengan takarannya. Tambahkan peanut butter apabila adonan belum melekat.
Ambil 1 sendok adonan, buat bulatan dan letakkan dalam kertas kue. Granola balls dapat langsung dimakan atau didinginkan dulu di kulkas agar tambah sedap :)

Anak-anak sangat menikmati proses pembuatan granola balls yang mudah namun menarik.

Adonan dibulatkan dengan sendok, atau kalau tidak sabar, boleh langsung menggunakan tangan

Anak-anak sibuk menghitung jumlah kue, untuk dobagi sama rata

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...