Sunday, April 14, 2013

Paper City - Great way to play, your way!

Hari Sabtu kemarin, seorang sahabat ingin datang mengunjungi anak-anak di kelas Fun House yang saya bina. Beliau ingin sharing mengenai profesinya sebagai seorang Event Organizer. Idenya adalah membuka wawasan anak-anak, bahwa pekerjaan tidak sebatas kerja kantoran, or worst penjaga kios. Duani ini luas, dan kesempatan di dalamnya pun tak terbatas...

Saya memutar otak untuk membuat games yang berhubungan dengan profesi sahabat saya ini. Mengenai penyelenggaraan event. Dan yang terpikir oleh saya saat itu adalah kompetisi 'pitching' ide untuk event ulang tahun. Pastilah seru.

Timbullah ide untuk meminta anak-anak untuk mendesain gaun sebagai permainan utamanya. Setelah browsing berbagai paper doll yang paling tepat, tiba-tiba saya menemukan website Made by Joel yang luar biasa canggih.

Paper city! Sebuah ide cemerlang dari pria bernama Joel ini, yang membuat desain kota Paris dari kertas. Yes, dan ide aktifitas untuk hari itu pun mengalir dengan indahnya.

Image dari sini

Dari paper city ini, akhirnya saya membuat permainan mendekor ruangan, mendekor tema pesta ulang tahun sampai kostum para undangan pesta. Setelahnya, anak-anak diminta untuk mempresentasikan hasil design mereka kepada para juri, persis seperti pitching EO kepada client.

Presentasi ide design anak per grup

Contoh design dekor, gaun, dan kostum undangan

Anak-anak mendapat pengetahuan baru hari itu, belajar berbicara di depan umum, dan merasakan langsung kehidupan pekerjaan seorang EP di kehidupan nyata.

As for paper city, ia adalah ide cemerlang untuk membuat permainan anak-anak berbagai usia. Selain seru, bisa dipadankan dengan mini toys lain seperti hotwheels, paper doll, sampai kereta api. Dan membuat serta memainkan merupakan sebuah kepuasan tersendiri.

Di beberapa blog, saya juga melihat berbagai macam paper city yang dibuat dan digambar sendiri dengan tangan.

Paper city yang digambar sendiri. Pasti anak-anak suka. Image dari sini

Yuk dicoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...