Saturday, April 27, 2013

RESEP: Kue Khamir istimewa

Kamis lalu, saya mengajak anak-anak Fun House untuk membuat kue khamir bersama-sama. Kue ini memang hits sekali di daerah Condet. Dimana-mana banyak sekali penjual kue ini bertebaran. Namun harganya juga lumayan, satunya berkisar antara Rp. 1500 - 2000.

Ternyata cara membuatnya sangat mudah. Yang kami pikir adonannya harus didiamkan selama 6 jam, ternyata sudah mengembang dalam 20 menit saja. Menggorengnya pun tidak sulit, asal apinya kecil, minyaknya cukup, dan sering dibalik agar matangnya pas.



Tips ketika menggoreng: Gunakan tusuk sate ketika membalik adonan kue. Tusuk-tusuk dengan cepat kue ketika mulai coklat. Tusuk dengan cepat atau kue bisa pecah. Gunakan tusuk sate untuk menusuk sambil membalik kue. Tambahkan minyak goreng bila perlu.

Bahan: (diambil dari sajiansedap.com, untuk 15-18 porsi)
250 gram tepung terigu
100 gram gula pasir
1 sdt ragi instan (Fermipan)
150 gram tape singkong
175 ml air
25 gram margarin (Blue Band) yang dipanaskan sampai cair

Cara membuat:
Campur tepung, gulam dan ragi instan. Aduk rata. Tambahkan tape, dan kocok dengan mixer spiral sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit
Masukkan margarin, kocok kembali sampai adonan rata dan terlihat licin.
Diamkan 20 menit.
Panaskan penggorengan cetakan dan beri minyak satu persatu. Goreng adonan kue sampai berubah warna, balik dengan tusuk gigi dan goreng kembali sampai berwarna kecoklatan.

1 comment:

  1. Acara seru untuk anak mengisi liburan....meriah dan tidak perlu doku banyak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget